
Komunikasi bisnis melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih
banyak bisnis diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk
menemukan cara komunikasi yang lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan
dunia di luar. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan
tangan.
Dalam
komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
·
Memiliki tujuan, artinya komunikasi
bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan
tujuan organisasi.
·
Pertukaran, dalam hal ini melibatkan
paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.
·
Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan
isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan
kondisinya.
·
Menggunakan saluran personal atau
impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau
melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
·
Menggunakan simbol atau sinyal yang
merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima
untuk menyampaikan pesan.
·
Pencapaian tujuan organisasi: salah
satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari
informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
0 komentar:
Posting Komentar